Tokopedia, Platform E-commerce yang Paling Dipercaya UMKM Indonesia

Aktivitas berbelanja online semakin marak dari tahun ke tahun. Industri e-commerce dengan cepat berkembang pesat, ditandai dengan banyaknya kemunculan e-commerce baru. Tiap e-commerce bersaing satu sama lain untuk menawarkan layanan dan promo guna menarik banyak konsumen.

Hasil riset digital Telkomsel, tSurvey.id, menunjukkan bahwa Tokopedia merupakan platform pasar dagang online yang paling dipercaya oleh para pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) lokal di Indonesia.

Menurut hasil riset tSurvey.id, Tokopedia menjadi platform e-commerce yang paling dipercayai
pelaku UMKM Indonesia dengan persentase 76%.

 

Tercatat, sebanyak 76% responden mengaku puas selama menggunakan Tokopedia sebagai sarana penjualan online mereka. Disusul oleh Shopee dengan 75% responden yang berjualan di e-commerce tersbut. Lalu, ada juga platform e-commerce yang mendapatkan proporsi lebih sedikit, yakni Lazada dengan 19%, Bukalapak dengan 18%, dan Blibli 14% responden.

Selain itu, Tokopedia juga menjadi platform e-commerce yang dianggap memberikan pengalaman dan pelayanan paling memuaskan bagi para pebisnis UMKM dengan persentase masing-masing 69% dan 68% responden,

Tokopedia mendapatkan persepsi paling positif dari para responden yang terdiri dari para pengusaha UMKM di Indonesia. Adapun, tSurvey.id menunjukkan, terdapat beberapa aspek yang dipersepsikan sebagai keunggulan e-commerce ini dibandingkan para kompetitornya.

Aspek-aspek tersebut diantaranya, yaitu kemudahan penggunaan layanan e-commerce (70%), fitur-fitur penjualan yang lengkap (68%), layanan pusat resolusi yang baik (66%), fasilitas logistik yang memuaskan (70%), tampilan user interface (UI) yang nyaman (70%), serta sistem pembayaran yang lengkap (73%).

Adapun, riset tersebut berlangsung pada tanggal 10-24 Juni 2022 dengan melibatkan sebanyak seribu responden dari pelaku UMKM online di seluruh Indonesia. Berdasarkan lokasi geografis, mayoritas responden berasal dari Jabotabek dengan proporsi 60%.

Sistem pembayaran yang lengkap

Salah satu ungsur keberhasilan Tokopedia tersebut tidak lain ditunjangnya sistem pembayaran yang rekomendasi untuk semua platform baik mobile banking, internet banking, e-Wallet juga bisa melalui cod. Bank Jombang sendiri pun telah mempunyai e-Wallet yang berguna untuk top-up melalui Tokopedia tersebut bahkan ke berbagai e-commerce lainnya, yakni Jombang Kita Pay.

Related Posts

03

Apr
Berita

Terunggul! Bank Jombang Tercatat Sebagai BRAND BPR Paling Popoler di Jagat Maya Hingga Tahun 2024

Berdasarkan riset Digital Brand 2024, Bank Jombang raih peringkat pertama dalam penghargaan Digital Brand Awards 2024 dari Infobank. Dengan total index 253, selama tahun 2023 Bank Jombang diperbincangkan dan dicari oleh warganet (buzz) sebanyak 263 kali. Dari jumlah itu 92 diantaranya bernada (tone) sangat positif. Sementara beberapa komentar lainnya yakni sebanyak 165, bernada netral. Salah satu topik yang […]