DI Tahun 2023, Belanja Antar Negara Tinggal Scan HP Dengan Menggunakan QRIS

Perbankan saat ini harus terus mengikuti perkembangan zaman dan teknologi digital. Hal ini karena ekosistem bisnis juga terus berubah, dimana saat ini untuk masuk dalam ekosistem digital yang memberikan kemudahan, kelancaran, keamanan, dan fleksibilitas dalam layanan.

Kerja Sama 5 Negara

Dimana hari ini (14 November 2022) lima bank sentral di wilayah Asean menandatangani kerja sama untuk interkonektivitas sistem pembayaran. Dengan interkoneksi ini maka pembayaran antar negara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura dan Filipina akan semakin mudah. Jadi, jika ada turis asal Thailand yang datang ke Indonesia dan berbelanja bisa menggunakan layanan QR yang ada di handphone masing-masing dan scan QRIS di toko Indonesia. Begitupun sebaliknya.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengungkapkan, transaksi lintas negara menjadi lebih mudah hanya dengan ponsel. Dia menyebutkan penyelesaian transaksi ini dilakukan menggunakan sistem local currency.

“Ke depan dalam waktu dekat ke manapun pergi di negara ASEAN ini bisa menggunakan QR masing-masing untuk transaksi Fast Payment realtime selama 24 jam dalam tujuh hari jadi bisa lebih cepat dan biaya yang murah, hanya pakai QR di hp,” kata dia dalam konferensi pers.

“Konektivitas ini sangat baik untuk masyarakat di lima negara. Karena bisa mengirimkan uang dari rekening bank atau dompet elektronik dengan cepat dan biaya yang lebih murah,” jelas dia.

“Di Indonesia sendiri guna mempercepat transformasi telah dilakukan berbagai langkah-langkah terobosan sistem pembayaran, yaitu melalui pengembangan QRIS, BI Fast, dan tim percepatan perluasan digitalisasi daerah untuk mempercepat digitalisasi transaksi pemerintah, sehingga akan berdampak besar bagi perekonomian hingga UMKM.” ungkapnya.

Pertemuan G20

Dalam acara G20 di Nusa Dua, Bali – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap kerjasama QR cross border antara negara bisa diperluas dan menjadi hasil konkret G20. Sementara ini kerja sama yang telah dilakukan Indonesia yakni dengan Thailand. Hal ini sejalan dengan agenda transformasi ekonomi digital di sektor keuangan yang menjadi prioritas Indonesia. Indonesia juga bekerja sama mengadakan interkoneksi fast payment antara Singapura dan Thailand.

“Sudah saatnya kerjasama ini diformalkan dalam regional payment connectivity sebagai wujud konkrit implementasi G20 road map for enhancing cross border payment,” jelasnya di agenda Advancing Regional Digital Payment Connectivity.

Bagaimana Kesiapan Bank Jombang

PT. BPR Bank Jombang Perseroda (Bank Jombang) sebagai salah satu bank pemerintah daerah telah siap dalam persaingan digitalisasi dan terus melakukan pengembangan produk, layanan serta fitur berbasis teknologi, sehingga nasabah dapat semakin dimudahkan, tentu dengan terus mengikuti perkembangan teknologi yang ada.

Salah satu komitmen tersebut yakni telah diluncurkannya Aplikasi Jombang Kita Pay, aplikasi e-Monay berbasis android yang dapat melakukan berbagai transaksi. Seperti tiket, pulsa, top up toko online (shopee, tokopedia, dll) dan pembayaran tagihan lainnya. Tidak ketinggalan juga dapat melakukan pembayaran melalui QRIS di semua toko/outlet di seluruh tempat.

Dengan total 24 jaringan kantor fisik Bank Jombang yang telah tersebar di seluruh Kabupaten Jombang, maka dapat mengakomodir kebutuhan nasabah yang masih erat dengan layanan secara fisik seperti UMKM, pensiunan, dan sebagian ASN.