Progresif: Bank Daerah Karanganyar Gali Implementasi Transaksi Non Tunai di Bank Jombang

Pada Rabu, 05 Juli 2025, Bank Daerah Karang Anyar mengadakan kunjungan penting ke Bank Jombang dalam rangka melaksanakan pelatihan dan studi tiru terkait implementasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) online dan transaksi non tunai desa. Langkah ini diambil sebagai upaya untuk memperkuat layanan perbankan di tingkat desa yang akan diterapkan serta mendukung upaya pemerintah dalam mewujudkan transaksi non tunai yang lebih efisien dan terhubung dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Tim dari Bank Daerah Karang Anyar bertemu dengan Direktur Urama Bank Jombang yakni Bpr. Dr. Afandi Nugroho, SE., MM, Direktur Kepatuhan Ibu SUhariani, SE serta pejabat Bank Jombang untuk mendapatkan panduan mendalam tentang implementasi Siskeudes online dan transaksi non tunai desa. Sementara itu juga hadir dari DPMD Kab. Jomabng yakni Kepala Dinas Bpk. Sholahudin Hadi Sucipto beserta pejabat terkait dari DPMD Kab. Jombang. Mereka membahas berbagai aspek teknis, termasuk integrasi dengan sistem Kemendagri dan bimbingan teknis yang diperlukan untuk mendukung desa-desa di Kabupaten Jombang dalam mengadopsi teknologi ini.

Siskeudes online dan transaksi non tunai desa telah menjadi fokus utama pemerintah dalam upaya untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam pengelolaan keuangan desa. Dengan link ke Kemendagri, sistem ini memungkinkan desa-desa untuk melakukan pelaporan secara real-time dan mendapatkan akses langsung ke dana desa, meminimalkan risiko penyalahgunaan dan kesalahan administrasi.

Selain itu, Bank Daerah Karang Anyar juga telah aktif melakukan bimbingan teknis kepada desa-desa se-Kabupaten Jombang dalam rangka memperkenalkan konsep transaksi non tunai dan mengoptimalkan penggunaan Siskeudes online. Kunjungan ke Bank Jombang menjadi langkah lanjutan dalam upaya mereka untuk terus meningkatkan kapasitas dan layanan bagi masyarakat di wilayah mereka.

Dalam pernyataannya setelah kunjungan, Direktur Utama Bank Daerah Karang Anyar, Ibu Ani Wijayanti, menyatakan, “Kami sangat mengapresiasi kerjasama dari Bank Jombang dalam memberikan panduan yang berharga bagi kami dalam mengimplementasikan Siskeudes online dan transaksi non tunai desa. Langkah ini akan membantu kami untuk lebih efisien dalam mendukung kebutuhan keuangan masyarakat desa di Kabupaten Karang Anyar.”

Kunjungan ini menandai komitmen Bank Daerah Karang Anyar dalam mendukung transformasi digital di tingkat desa dan memperkuat kerjasama antar lembaga keuangan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan. Dengan adopsi teknologi yang tepat, diharapkan layanan perbankan di desa-desa dapat menjadi lebih inklusif dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi seluruh komunitas.

Related Posts

20

Jun
Berita

Kunjungan BPR Dana Amanah ke Bank Jombang Guna Meningkatkan Inovasi Keuangan

Pada hari Rabu, 20 Juni 2024, PT BPR Dana Amanah Perseroda melakukan kunjungan studi ke Kantor Pusat Bank Jombang yang bertujuan untuk studi tiru beberapa produk keunggulan yang di implementasikan oleh Bank Jombang. Turut menyambut dari Bank Jombang yakni Bapak M Nashrulloh, SE. M.Si selaku anggota Komisaris serta beberapa pejabat dari Bank Jombang lainnya, Sedangkan hadir dari […]

07

Jun
Berita

Jadi Kebanggaan Bank Jombang, Suhariani Raih Penghargaan The Most Outstanding Woman 2024

Menjadi satu dari 500 perempuan inspiratif Indonesia, Direktur Kepatuhan Bank Jombang, SUhariani, SE berhasil meraih Penghargaan The Most Outstanding Woman 2024 yang digelar Infobank Media Group di Bali. Pada malam Apresiasi Infobank The Most Outstanding Woman 2024 in Financial Sector & State Owned Enterprise Infobank Media Group memberikan apresiasi kepada sejumlah perempuan inspiratif. Acara dihadiri sejumlah perempuan[…]