Bank Indonesia (BI) Berencana Terbitkan Mata Uang Digital Sebagai Alat Pembayaran Digital Ovo, Gopay, Dsb

Bank Indonesia (BI) akan menerbitkan mata uang digital. Saat ini otoritas moneter tersebut tengah menyiapkan berbagai aturan yang akan memayunginya.

Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan, saat ini pihaknya sedang dalam proses merumuskan mata uang digital yang disebut Central Bank Digital Currency (CBDC). Pihaknya terus melakukan kerja sama yang erat dengan bank-bank sentral lainnya dalam rangka mempelajari dan mempersiapkan mata uang digital tersebut. “Kami kemudian akan edarkan dengan bank dan fintech secara wholesale maupun ritel,” ujar Perry Warjiyo, seperti dikutip dari Antara, Minggu (28/3/2021).

Perry melanjutkan, mata uang kripto atau cryptocurrency seperti Bitcoin bukan alat pembayaran yang sah di Indonesia karena tidak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Ekonom Center of Reform on Economics (CORE) Piter Abdullah menjelaskan, uang digital atau central bank digital currency (CBDC) bank sentral sedang menjadi isu di beberapa negara. Sementara itu, Piter menilai tujuan Bank Indonesia (BI) mengeluarkan uang digital belum begitu jelas. Menurutnya langkah ini ditujukan untuk mengantisipasi perkembangan uang kripto atau uang digital.

Di sisi lain, mata uang digital atau central bank digital currency (CBDC) yang dikelola bank sentral memiliki konsep yang berbeda dengan uang kripto.

“Jadi kalau BI ingin mengantisipasi atau menahan laju perkembangan uang kripto tidak bisa dengan memunculkan uang digital. Uang digitalnya BI akan berhadapan dengan uang digital yang sudah exist sebagai alat pembayaran sekarang ini seperti Ovo, Gopay, dsb,” ujar Piter.

sumber : Liputan6 & economy.okezone.com

Related Posts

01

Apr
Berita, Peduli Yatim

Groundbreaking Ceremony Pembangunan Gedung Kantor 7 Lantai Bank Jombang & Peluncuran Simarmas Emas

KOTA JOMBANG – Bupati Jombang Ibu Mundjidah Wahab bersama wakil Bupati Bapak Sumrambah melakukan prosesi peletakkan batu pertama (groundbreaking ceremony) Pembangunan gedung kantor PT BPR Bank Jombang Perseroda di Jl  Presiden KH. Abdurrahman Wahid No.  153-155 (depan GOR merdeka Jombang)Kabupaten Jombang, Rabu (31/Maret/21) Agenda Ground Breaking Pembangunan Gedung Kantor PT. BPR Bank Jombang Perseroda dan Peluncuran Arisan […]

26

Mar
Pengumuman

Daftar Pemenang Arisan Scoopy Periode 20

Rabu, 10 Maret 2021 Bank Jombang telah melaksanakan pengundian Arisan Scoopy Periode – 20 pelaksanaan pengundian bertempat di Cabang Mojoagung. Dan berikut Pemenang Arisan Scoopy Periode Ke -20: Pemenang Arisan Scoopy Bank Jombang Periode Duapuluh Nama No Rekening Alamat Abdul Rokhim 28.25.000043 Slaji RT 001 RW 003 Sumberaji Kabuh Jombang Kembali Halaman Utama