Target Pertumbuhan,Bank Jombang Kolaborasi dengan Fintech P2P Lending

Belakangan ini, semakin banyak fintech yang lahir dan tumbuh di Indonesia. Per Januari 2022 OJK telah mengeluarkan daftar 103 fintech yang telah terdaftar dan berijin resmi. Lahirnya fintech-fintech tersebut menimbulkan pendapat bagi sebagian masyarakat , bagaimana nasib bank terutama BPR yang memiliki fungsi sebagai penyalur kredit?, akankah fintech lebih diminati daripada bank? . Seperti yang diketahui bersama, fungsi fintech antara lain membantu penggunaan ekonomi, kemudahan bertransaksi serta pelaku usaha mendapatkan modal dengan bunga rendah.

Pandangan Bank Jombang

Menurut direktur utama PT BPR Bank Jombang perseroda, Dr. Afandi Nugroho SE,MM, fintech yang semakin tumbuh dan berkembang di Indonesia justru memberikan banyak peluang kepada bank-bank terutama BPR untuk saling berkolaborasi dan bersinergi. Hal ini sesuai dengan Arahan dari OJK yang mendorong BPR untuk dapat berkolaborasi dengan fintech. BPR membutuhkan teknologi yang dimiliki oleh fintech sedangkan fintech membutuhkan sumberdaya yang dimiliki oleh BPR baik dalam bentuk mitigasi maupun pendanaan.

Baik fintech maupun BPR, keduanya akan saling bersinergi dan melengkapi. Fintech memandang bahwa kerjasama ini mampu menurunkan tingkat kredit bermasalah, sedangkan bagi BPR proses pemberian kredit menjadi sangat karena dukungan teknologi dari fintech.

Kerjasama Bank Jombang dengan Fintech

 

Sampai Februari 2022 Bank Jombang telah menunjukkan 10 fintech P2P lending yang terdaftar dan berijin di Indonesia, dengan total dana lebih dari 50 miliar rupiah. Bank Jombang berfokus pada kerjasama fintech ke sektor produktif, bukan konsumtif. Beberapa fintech yang berada di atas tangan Komunal, Modal Rakyat Indonesia, Crowdo, Kawancicil, Koinworks, Avantee, Danamas, Gandeng Tangan, Sanders dan Danai. Kedepan, Bank Jombang diharapkan mampu melihat dengan semakin banyak fintech P2P lending. (arief)

 

Related Posts

11

Jul
Berita

Menuju Masa Depan Perbankan: Kunjungan Studi Bank Arto Moro & Bank Boyolali di Bank Jombang

JOMBANG, Selasa 09 Juli 2024, Bank Jombang menyambut kunjungan studi yang sangat berarti dari Bank Arto Moro (PT Bank Perekonomian Rakyat Arto Moro dan Bank Boyolali (PT BPR Bank Boyolali (Perseroda). Kunjungan ini bertujuan mendalami perkembangan terbaru dalam teknologi informasi di sektor perbankan serta mempelajari secara mendalam tentang implementasi Core Banking baru yang dilakukan oleh Bank Boyolali. […]

02

Jul
Berita, Pengumuman

Bank Jombang Luncurkan Produk Arisan Baru: Simarmas New Motor Scoopy

Jombang, Senin 1 Juli 2024 – Bank Jombang dengan bangga mengumumkan peluncuran produk arisan terbaru mereka yang dinamakan Simarmas New Motor Scoopy. Produk ini diluncurkan pada tanggal 1 Juli 2024 dan menawarkan kesempatan kepada nasabah untuk memiliki motor Scoopy terbaru melalui program arisan yang menguntungkan. Program arisan ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan kendaraan bermotor dengan[…]