Raih 2 Gelar, Bank Jombang Sabet Penghargaan BPR Bintang 4 Dan TOP CEO BUMD 2023

Tepatnya Rabu, 05 April 2023 siang di Dian Ballrom, Hotel Raffles Jakarta. Bank Jombang raih 2 penghargaan diajang TOP BUMD tersebut yakni BPR Bintang 4 dan TOP CEO BUMD 2023 diraih Direktur Utama PT BPR Bank Jombang Dr. Afandi Nugroho, S.E., MM.
 
Tak luput pula prestasi yang diraih Pemkab Jombang lainnya, diantaranya TOP Pembina BUMD 2023 diraih Hj. Mundjidah Wahab Bupati Jombang.
 
TOP BUMD Awards 2023 Perumda Air Minum level Bintang 5 diraih Perumdam Tirta Kencana Kabupaten Jombang; TOP CEO BUMD 2023 diraih Direktur Perumdam Tirta Kencana Khoirul Hasyim.
 
TOP BUMD Awards 2023 BUMD Aneka Usaha level Bintang 4 diraih Perumda Aneka Usaha Seger; TOP CEO BUMD 2023 diterima Direktur Utama Perumda Aneka Usaha Seger Muhammad Nasir.
Penghargaan TOP BUMD Awards diberikan kepada BUMD (badan usaha milik daerah) unggulan dari seluruh Indonesia. Penghargaan ini diberikan kepada BUMD yang telah sukses melewati proses penilaian dalam beberapa tahap. Dimana acara ini akan dihadiri oleh sekitar 800 orang. Itu antara lain petinggi BUMD pemenang penghargaan tersebut, para Kepala Daerah yang mendapatkan penghargaan, para pakar bisnis, dan lain-lain.

Kegiatan tahunan ini diselenggarakan oleh Majalah Top Business bekerja sama dengan Institut Otonomi Daerah (i-OTDA) serta beberapa lembaga, asosiasi dan konsultan bisnis. Kegiatan ini juga didukung oleh Kementerian Dalam Negeri RI. Ketua Penyelenggara TOP BUMD Awards 2023 yang juga Pemimpin Redaksi Majalah Top Business, M Lutfi Handayani menyatakan, TOP BUMD Awards merupakan kegiatan pembelajaran dan penghargaan kinerja BUMD yang terbesar dan paling membanggakan, yang diberikan kepada BUMD, CEO BUMD, Pembina BUMD (Kepala Daerah) terbaik di Indonesia. Sebagai informasi, bahwa majalah Top Business juga menjadi mitra Kementerian Dalam Negeri RI dalam penyelenggaraan Innovative Government Award (IGA) 2020.

Kategori Penilaian

Ada beberapa kategori penghargaan akan diberikan kepada para pemengang TOP BUMD Awards 2023. Pertama adalah TOP BUMD Awards Klasifikasi Level Bintang 1-5 dari berbagai sektor usaha antara lain BPD/BPR/BPR-BKK/BPRS/PDAM/Jamkrida/Pasar Daerah/RSUD/BLUD/BUMD Aneka Usaha/Dinas Pemda (Dinas Pemda yang membawahi atau mengelola Badan Usaha di daerah karena belum dibentuk BUMD yang menangani usaha terkait).

Selain itu ada Penghargaan Kategori Khusus, TOP of the TOP BUMD 2023, Golden Trophy (Peraih Bintang 5 selama 3 tahun berturut-turut), TOP CEO BUMD 2023, dan TOP Pembina BUMD 2023 (Gubernur, Walikota, Bupati).

Kriteria Penilaian

Kriteria utama penilaian oleh Dewan Juri Top BUMD Awards 2023, mengacu pada empat aspek penting untuk menentukan level bintang penghargaan dari Bintang 1 sampai yang tertinggi, yakni Bintang 5.

Pertama, aspek pencapaian kinerja bisnisnya, baik dan berkelanjutan (atau achievement). Di sini, ada beberapa kriteria, seperti: memiliki kinerja keuangan, human capital, pemasaran, dan layanan pelanggan yang baik; pencapaian kinerjanya, mengarah pada pencapaian visi-misi BUMD-nya; memiliki aspek kepemimpinan dan sistem manajerial yang baik.

Kemudian aspek yang kedua adalah, BUMD yang terus melakukan perbaikan (atau Improvement). Dalam aspek ini, kriteria penilaian yang digunakan adalah apakah BUMD memiliki inovasi bisnis secara umum; ada upaya perbaikan sistem/business process; meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional/bisnis, yang ditunjang dengan teknologi.

Sedangkan yang ketiga, adalah aspek kontribusi dalam pembangunan daerah. Kriterianya adalah, BUMD yang memiliki peran dalam peningkatan perekonomian/kesejahteraan sosial/layanan publik kepada masyarakat daerah; mendukung program Pemerintah Daerah dan/atau Program Pemerintah Pusat di daerah; berkontribusi dalam setoran PAD (untuk BUMD yang murni profit oriented).

Dan aspek yang keempat, adalah inovasi BUMD untuk mendukung bisnis BUMD agar tumbuh berkelanjutan.
Sedangkan untuk tambahan kriteria untuk mendapat Level Bintang 5 (tertinggi), adalah BUMD yang dapat menjadi benchmark/contoh/inspirasi bagi BUMD lainnya. Jadi, BUMD Bintang 5, harus memiliki kinerja bisnis yang sangat baik, dan ada hal-hal tertentu yang dinilai sangat menonjol, dan layak direkomendasikan atau menjadi benchmark bagi BUMD lainnya.

”Semoga penghargaan ini semakin memotivasi seluruh BUMD di Kabupaten Jombang agar tumbuh semakin baik dan semakin maju, sehingga keberadaanya dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Jombang”. Terimakasih atas kinerja BUMD yang berbuah prestasi di ajang Top Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Award 2023.

Related Posts

20

Jun
Berita

Kunjungan BPR Dana Amanah ke Bank Jombang Guna Meningkatkan Inovasi Keuangan

Pada hari Rabu, 20 Juni 2024, PT BPR Dana Amanah Perseroda melakukan kunjungan studi ke Kantor Pusat Bank Jombang yang bertujuan untuk studi tiru beberapa produk keunggulan yang di implementasikan oleh Bank Jombang. Turut menyambut dari Bank Jombang yakni Bapak M Nashrulloh, SE. M.Si selaku anggota Komisaris serta beberapa pejabat dari Bank Jombang lainnya, Sedangkan hadir dari […]

07

Jun
Berita

Jadi Kebanggaan Bank Jombang, Suhariani Raih Penghargaan The Most Outstanding Woman 2024

Menjadi satu dari 500 perempuan inspiratif Indonesia, Direktur Kepatuhan Bank Jombang, SUhariani, SE berhasil meraih Penghargaan The Most Outstanding Woman 2024 yang digelar Infobank Media Group di Bali. Pada malam Apresiasi Infobank The Most Outstanding Woman 2024 in Financial Sector & State Owned Enterprise Infobank Media Group memberikan apresiasi kepada sejumlah perempuan inspiratif. Acara dihadiri sejumlah perempuan[…]